Bagaimana Cara Kerja Crowdfunding? Begini Caranya

Tips & Share

Ketika menjalankan bisnis, ide-ide yang cemerlang dan produk berkualitas tentu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya modal atau dana yang memadai. Banyak perusahaan atau pegiat bisnis yang masih memiliki kesulitan untuk memperoleh hal tersebut, namun ada suatu kegiatan bernama crowdfunding yang mampu menjadi jawaban. Lantas, bagaimanakah cara kerjanya?

 

1. Cari Situs Crowdfunding

Cara kerja pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencari situs atau platform yang menyediakan kegiatan ini. Lebih penting lagi, pastikan Anda sudah menentukan jenis penggalangan dana seperti apa yang ingin Anda lakukan.

Salah satu jenis penggalangan dana yang paling direkomendasikan untuk saat ini yaitu equity crowdfunding, sebab kegiatan yang satu ini mampu menawarkan berbagai macam keuntungan yang begitu bermanfaat. Selain itu, jenis ini lebih praktis dan terpercaya bagi para pemilik modal yang ingin menanamkan modalnya.

 

2. Mendaftar ke Platform Crowdfunding

Ketika Anda sudah menemukan platform yang paling aman dan memiliki reputasi yang baik di kalangan pebisnis maka cara yang selanjutnya harus dilakukan yaitu dengan mendaftar ke platform tersebut. Anda biasanya akan dianjurkan untuk mengisi beberapa formulir yang berisi data-data beserta berkas-berkas tertentu.

Hal tersebut penting untuk dilakukan agar kegiatan Anda dianggap terpercaya dan bukan merupakan penipuan. Dengan begitu, maka Anda pun bisa membuat calon investor tertarik untuk memberikan dananya pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Salah satu situs yang terpercaya sebagai pihak penggalang dana bisa Anda akses di situs amartha.com.

 

3. Membuat Proposal Semenarik Mungkin

Selanjutnya, buatlah proposal yang sangat menarik dan berisi hal-hal penting mengenai prospek bisnis Anda pada masa depan. Proposal tersebut pun juga harus sangat informatif dan interaktif dengan mengisi beberapa informasi tentang proses pemasaran, jenis bisnis yang Anda jalani, tujuan utama bisnis, beserta proses manajemen.

Agar proposal bisa menarik, sajikanlah data-data tersebut secara lengkap dalam bentuk gambar, teks, ataupun video yang diedit dengan sedemikian rupa agar semakin meningkatkan minat calon investor. Proposal adalah hal yang paling krusial dalam kegiatan penggalangan dana, sehingga buatlah dengan penuh kehati-hatian dan pertimbangan.

 

4. Pantau Perkembangan Proposal yang Sudah Diajukan

Terakhir, ajukanlah proposal yang sudah Anda buat pada situs atau pihak penyedia penggalangan dana. Apabila pihak tersebut menanyakan beberapa hal terkait informasi yang Anda tulis di proposal, maka jawablah dengan sejelas mungkin. Pantaulah perkembangan proposal tersebut dengan saksama sehingga Anda bisa mengetahui tentang kejelasan kegiatan penggalangan dana Anda.

Crowdfunding Indonesia pada beberapa waktu belakangan memang menjadi salah satu alternatif yang paling diterapkan oleh pegiat bisnis. Apabila Anda masih merasa kebingungan mengenai situs apa yang harus dipilih ketika ingin melakukan penggalangan dana, maka cobalah menggunakan jasa Amartha yang sudah lama terkenal sebagai pihak terpercaya untuk menyediakan dana bagi pebisnis.