Tips Menjadi Guru Teladan Kesayangan Para Murid

Pendidikan

Menjadi seorang guru teladan yang selalu dirindukan para siswa menjadi teladan bukanlah hal yang mudah. Profesi seorang guru merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh orang-orang karena merupakan salah satu pekerjaan mulia. Namun untuk menjadi teladan bagi murid-muridnya guru harus punya trik tertentu.

Hal ini supaya bagi anda para guru yang baru mulai mengajar, mampu membimbing siswa untuk menuju masa depan yang lebih baik. Dan juga guru sebagai teladan dan panutan masyarakat, maka harus menerapkan beberapa trik berikut.

  • Punya mental yang kuat, seorang guru tentu tidak boleh memiliki mental yang lembek. Apalagi ketika pertama kali mengajar guru tidak santai atau gugup, maka biasanya murid-murid orang tertarik dengan model guru yang seperti itu. Anda harus membawa diri dengan santai dan menempatkan diri anda sebagai teman bagi para siswa. Jangan pula menjadi guru yang galak sehingga para siswa menjadi takut. Tetapi jadilah seorang guru yang disegani siswa. Di satu sisi Anda bisa dekat dengan siswa, tapi di sisi lain siswa tetap menyegani anda sebagai seorang guru.
  • Memenuhi harapan para siswa, menjadi sosok guru teladan maka dituntut untuk punya ilmu yang lebih banyak dari siswa tersebut. Tentu siswa mengharapkan ilmu yang diberikan guru mampu memenuhi ekspektasinya. Bahwa ajaran guru, bisa membantu siswa agar lebih pintar. Tidak heran ketika di sekolah banyak siswa yang mempertanyakan apa saja yang tidak diketahuinya kepada sang guru.
  • Jadi orang tua kedua, seorang guru teladan merupakan orang tua kedua dari para siswa di sekolah. Orang tua pertama siswa adalah kedua orang tuanya ketika di rumah. Nah, seorang guru sudah sepantasnya memiliki sifat selayaknya orang tua yang mengayomi anak-anaknya. Mengayomi disini tentu saja dalam hal memberikan ilmu dan mengajarkan hal-hal baik kepada siswa.
  • Membuat peraturan, jika anda merupakan guru bidang studi tetap harus punya peraturan saat di kelas. Karena tiap-tiap guru tentu punya cara mengajar yang berbeda pula. Peraturan dibuat untuk menjadi batasan dan acuan yang harus dipatuhi oleh murid. Peraturan ini biasanya dibuat di awal semester dan dimusyawarahkan dengan baik antara guru dan siswa. Hal ini untuk membuat kelancaran belajar di kelas dan juga memberikan kenyamanan baik siswa maupun guru.
  • Bersikap adil, sebaiknya guru melakukan komunikasi dengan semua siswa tanpa terkecuali. Berkomunikasi dengan para siswa membantu anda tahu pola pikir siswa dan karakternya. Anda juga harus punya sikap yang adil memperlakukan semua siswa di kelas. Ketika punya sikap yang adil, semua siswa akan merasa nyaman berada di kelas Anda.
  • Ikhlas menjalani profesi Anda, karena guru merupakan profesi yang mulia maka anda harus ikhlas dalam menjalaninya. Menyampaikan ilmu kepada para siswa adalah tugas mulia dan memberikan banyak pahala bagi anda. Maka dari itu, ketika mungkin merasa berat saat menghadapi siswa siswa di sekolah, tanamkan rasa ikhlas sejak awal dan juga rasa syukur bahwa anda bisa menjadi salah satu dari sekian orang yang memiliki keinginan untuk menjadi guru namun belum terlaksana.

Demikian beberapa kiat yang harus anda tahu untuk menjadi seorang guru teladan yang disayangi para siswa dan juga orang tua siswa serta teman-teman guru di sekolah. Meski menjadi seorang guru yang punya tauladan baik bukan hal mudah, tapi jika ikhlas melakukannya suatu hari anda pasti akan menjadi guru yang dicintai semua orang.